Pj Wali Kota Bima Hadiri Upacara Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2024

Pj. Wali Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH menghadiri Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2024 Tingkat Kota Bima. Selasa, 22 Oktober 2024.

Upacara yang berlangsung di Pondok Pesantren Al-Amin Kota Bima tersebut dihadiri oleh beberapa Kepala OPD yang mendapat Undangan serta Camat dan Lurah yang Mendapat Undangan.

Hari Santri yang selalu diperingati pada tanggal 22 Oktober tersebut merupakan peringatan untuk menghormati peran santri dan pesantren dalam sejarah perjuangan bangsa, terutama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Hari Santri Nasional juga menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan memperkuat peran pesantren dalam pendidikan dan pengembangan masyarakat.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Bima menyampaikan bahwa kaum santri merupakan salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan melawan penjajah.

"Salah satu bukti perlawanan santri dalam melawan penjajah adalah peristiwa resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945," ucapnya.

Beliau melanjutkan, pada tanggal 10 November menjadi puncak perlawanan yang diperingati sebagai hari pahlawan.

"Peristiwa jihad 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dari 10 November 1945, tanpa adanya peristiwa jihad belum tentu terjadinya peristiwa 10 November," ujarnya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh santri yang hadir agar terus berjuang dan terus berusaha karena santri bisa menjadi apa saja.

"Semua pasti bisa diraih, seperti pepatah yang diajarkan dipesantren "manjada wa jadda" barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil, maka kepada santri saya berpesan, rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan, kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi, teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan indonesia," tutupnya.

Di akhir upacara Pj. Wali Kota Bima juga turut meresmikan Auditorium pondok pesantren Al-Amin Kota Bima.