Pemkot Bima Pantau Harga Jagung di Kota Bima

Pemerintah Kota Bima dibawah Satgas Pangan melakukan pemantauan harga jagung dibeberapa gudang pengumpul pada Senin, 6 Mei 2024.

 

Pengawasan tersebut dipimpin langsung oleh Staf Ahli Drs. Muhammad Nor Madjid dan didampingi beberapa Kepala OPD serta Anggota Polres Bima Kota

 

Di gudang pengelola CV. Kecubung Jaya yang beralamat di Kel. Sambinae, sebelumnya jagung dengan kadar air 18% dibeli dengan harga Rp. 4.400,- per kg, turun menjadi Rp. 4.300,- per kg. 

 

Sedangkan gudang yang beralamat di Kel. Niu sebelumnya jagung dengan kadar air 15% dibeli dengan harga Rp. 4.250,- per kg, naik menjadi Rp. 4.350.

 

Kendala yang terjadi karena permintaan pasar semakin berkurang dan banyak petani yang gagal panen.

 

Di gudang CV. Bumi Lestari/Delima yang beralamat di sebelah barat Pasar Amahami Kel. Dara, harga jagung sebelumnya dengan kadar air 15%-17% dibeli dengan harga Rp. 4.450 per kg, turun menjadi Rp. 4.350 per kg.

 

Kendala yang terjadi ialah masalah logistik, keterbatasan kapal di dermaga, kapasitas kapal pengangkut hanya 1500 ton sementara kapasitas muat sebesar 5000 ton per hari.

 

Harapannya ada industri jagung yang dibangun dan penambahan dermaga supaya truk pengangkut tidak lama mengantri di Pelabuhan.

 

Gudang CV. Sinar Bumi yang beralamat di Kel. Tanjung, jagung dengan kadar air 15%-17% di beli dengan harga Rp. 4.250,- per kg

 

Dari hasil pantauan tersebut Satgas berharap agar terjadi penyesuaian harga yang saling menguntungkan antara pengusaha dan penjual.