PJ Walikota Bima, Hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah Kota Bima

Kota Bima, 22 Juli 2024 - PJ Walikota Bima menghadiri rapat koordinasi yang membahas percepatan pembangunan dan inovasi daerah. Rapat yang berlangsung di Aula Kerja Kantor Walikota tersebut, juga dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah yang mendapat undangan, dan tim perencana pembangunan daerah Kota Bima.

Dalam uraiannya, H. Mohammad Rum, menegaskan pentingnya sinergi antara Pemerintah Daerah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mewujudkan percepatan pembangunan. "Kita harus memiliki visi yang jelas, dan komitmen yang kuat, untuk mengimplementasikan inovasi di setiap sektor pembangunan," ujarnya.

Salah satu fokus utama dalam rapat ini adalah meningkatkan infrastruktur dasar, seperti pelayanan air bersih, dan  kebersihan lingkungan Kota, yang dianggap sebagai masalah utama, yang perlu menjadi atensi khusus, bagi Pemerintah, untuk kemajuan Kota Bima. Selain itu, peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan, juga menjadi perhatian serius dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. 

Masalah pelayanan air bersih, H. Mohammad Rum sampaikan, ada 3 hal dasar yang perlu diperhatikan, pertama, pelestarian sumber mata air. Bagaimana mata air ini agar bisa di jaga kelestariannya dengan baik, salah satu cara yang efektif yakni memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa menjaga, dan melindungi hutan kita, ujarnya. Yang kedua, yakni pengelolaan atau manajemen, dan yang ketiga adalah penyulingan, atau netralisir air laut, ini juga penting kata beliau, karena ada sebagian warga kita yang menggunakan sumber airnya, dari air laut, maka ini perlu dilakukan, untuk membantu warga yang membutuhkan, agar mereka bisa menikmati air yang sehat lagi bersih, sambungnya.

Dalam kesempatan itu juga H. Rum membahas rencana untuk memperbaiki sektor penerbangan sebagai salah satu potensi daya tarik wisata, yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Dalam hal ini, terobosan dan inovasi diharapkan dapat mendukung peningkatan kunjungan wisatawan "ke depan saya ingin Bandara Sultan Salahuddin Bima dikembangkan lagi, landasan pacunya di tambah, dan untuk memperluas areal bandara, harus ada pembebasan lahan disekitarnya" tuturnya, selanjutnya dia berharap ke depannya ada pesawat komersial, dengan rute penerbangan, Bima, Sumbawa, Mataram, Denpasar dan Labuan Bajo, kalau ini bisa dilakukan, ini bisa menambah pendapatan daerah, harap H. Mohammad Rum, tapi tentu ini harus ada kolaborasi dan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bima dengan Pemerintah Kota Bima, harapnya.

Rapat koordinasi ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk melaksanakan hasil-hasil rapat dalam waktu yang telah ditentukan. Dan H. Mohammad Rum berharap kepada Tim yang terlibat dalam pertemuan ini, agar bisa membuatkan skema, atau kerangka kerjanya sesuai dengan perencanaan, agar bisa diimplementasikan.

Rapat koordinasi Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah Kota Bima ini, diharapkan tidak hanya sebagai wadah perencanaan, tetapi juga sebagai momentum nyata untuk mewujudkan visi Kota Bima sebagai Kota yang modern, berdaya saing, dan berwawasan lingkungan.