Pj Wali Kota Bima Tegaskan Pentingnya Netralitas ASN dalam Pilkada

Bima - Kamis 26 September 2024. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Penjabat (PJ) Wali Kota Bima Drs H.muhktar SH MH terus menekankan pentingnya netralitas Pegawai Negeri Sipil (ASN) dalam proses pemilihan. Dalam sosialisasi Bawaslu Kota Bima tersebut , PJ Wali Kota menyatakan bahwa keterlibatan ASN yang tidak netral dapat menimbulkan ketegangan dan konflik di masyarakat.

 

"Tanpa ASN yang netral, saya yakin Pilkada tidak akan berjalan aman dan tenteram. Itulah sebabnya saya meminta seluruh ASN untuk benar-benar menjaga netralitas nya " ujar PJ Wali Kota.

 

Lebih lanjut, PJ Wali Kota juga menegaskan bahwa BKN kini telah menggunakan aplikasi yang memudahkan pemantauan terhadap ASN. "Sekarang, dengan aplikasi ini, tidak ada lagi rahasia bagi ASN. Semua gerak-gerik dapat dipantau secara digital, dan itulah risiko yang harus dihadapi oleh ASN yang melanggar aturan netralitas."

 

Selain itu, ketua Bawaslu Kota Bima juga mengingatkan bahwa netralitas ASN merupakan kunci utama untuk menjaga ketertiban dalam proses Pilkada. "Jika ASN tidak netral, proses Pilkada akan tercederai. Netralitas ASN sangat diperlukan demi terciptanya Pilkada yang damai dan adil." Ungkapnya

 

Melalui sosialisasi ini, pemerintah berharap seluruh ASN dapat memahami pentingnya menjaga netralitas dan ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas serta kelancaran Pilkada yang akan datang.

 

Kegiatan yang berlangsung di Ruma Dinning tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Kota Bima, Kasat Pol PP dan Kepala OPD yang mendapat undangan, Camat dan Lurah Sekota Bima.