Pj Sekretaris Setda Kota Bima Hadiri Vicon Rakor Implementasi Narasi Komunikasi Capaian 10 Tahun Pemerintahan Presiden Jokowi

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Kota Bima, menghadiri kegiatan Video Conference (Vicon) Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi Narasi Komunikasi terkait capaian atau legacy 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo, pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan berbagai pencapaian yang telah diraih selama 10 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, serta strategi komunikasi yang akan digunakan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara efektif. Dalam Rakor tersebut, dibahas pula upaya pemerintah daerah untuk mendukung penyebarluasan informasi terkait pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, hingga reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan selama masa pemerintahan.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan dalam rapat koordinasi bahwa seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (pemda) harus secara aktif menyampaikan capaian-capaian pemerintah pusat maupun daerah kepada masyarakat. Hal ini merupakan instruksi tegas dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan transparansi dan pemahaman publik atas keberhasilan yang telah dicapai selama 10 tahun pemerintahan.

"Kita harus cepat membangun dan mereproduksi konten yang tepat, serta mampu mengkomunikasikannya dengan baik. Selain itu, implementasi konten harus didukung dengan data yang kuat dan akurat," tambahnya.

Melalui narasi yang tepat dan komunikasi yang efektif, diharapkan pemerintah pusat dan daerah dapat bersinergi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga capaian-capaian strategis dapat dipahami dengan baik oleh publik.

Selain itu, Deputi Kelembagaan Kantor  Komunikasi Kepresidenan, Fritz Siregar, menegaskan bahwa lembaganya memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi mengenai program-program dan capaian yang telah diraih selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan dalam rangka menyambut pelantikan presiden pada 20 Oktober 2024.

Pentingnya komunikasi antar-lembaga dalam menyampaikan seluruh  capaian Presiden Joko Widodo selama 10 Tahun kepemimpinannya kepada masyarakat, terutama menjelang masa transisi pemerintahan yang akan datang. Fritz menekankan perlunya sinergi antara seluruh elemen untuk memastikan bahwa masyarakat memahami keberhasilan dan program yang telah dijalankan selama ini.

Fritz juga menyampaikan Narasi Besar mendalam kepada Presiden Joko Widodo. "Terima kasih, Pak Jokowi, sudah bekerja keras untuk Indonesia” sebuah upaya untuk mengapresiasi pemimpin bangsa yang tunai yang melaksanakan masa baktinya selama 10 tahun.

Dengan komunikasi yang baik, diharapkan transisi pemerintahan dapat berjalan dengan lancar, serta capaian yang telah diraih dapat dipertahankan dan diteruskan pada masa pemerintahan berikutnya.

Rakor ini diikuti oleh berbagai perwakilan dari kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Diharapkan, melalui kegiatan ini, setiap daerah mampu merumuskan narasi yang sesuai untuk mendukung komunikasi yang efektif dan mempermudah penyampaian informasi yang kredibel kepada publik.