Plt Asisten II Hadiri Acara Kick Off Program Kolaborasi Pemerintah Kota Bima dengan PT Pegadaian: KREASI dan KOMBINASI

Kota Bima, 24 Oktober 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Pemerintah Kota Bima, Drs. H. Tafsir Madjid, menghadiri acara Kick Off Program kolaborasi antara Pemerintah Kota Bima dan PT Pegadaian, yang berlangsung pada hari ini di Aula Maja Labo Dahu Kantor Walikota Bima. Kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa Kepala OPD yang mendapat undangan. Acara ini menandai dimulainya dua program unggulan, yaitu KREASI (Kompetisi Ragam Tenun Asli Bima) dan KOMBINASI (Kompetisi Bank Sampah Inovasi Bima).

Dalam sambutannya, H. Tafsir Madjid menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kerjasama ini, yang diharapkan dapat mendukung perekonomian lokal serta memberdayakan masyarakat Kota Bima melalui inovasi. "Program KREASI diharapkan menjadi ajang untuk mempromosikan kekayaan tenun asli Kota Bima, sekaligus mendorong pelestarian budaya lokal", ujarnya "Sementara itu, program KOMBINASI bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah dengan inovasi berbasis bank sampah, yang sejalan dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan di Kota Bima," lanjut H. Tafsir.

Program KREASI akan mengundang partisipasi para pengrajin lokal untuk berkompetisi dalam menciptakan motif tenun yang inovatif namun tetap mempertahankan nilai tradisional. Sedangkan, KOMBINASI akan menjadi wadah bagi para pegiat lingkungan untuk memperkenalkan konsep dan praktik inovatif dalam pengelolaan sampah melalui sistem bank sampah, yang bermuara pada terbentuknya lingkungan yang bersih dan sehat (ramah lingkungan). 

Perwakilan dari PT Pegadaian juga turut hadir dalam acara ini, menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung program-program yang berdampak sosial dan ekonomi. "Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bima melalui program KREASI dan KOMBINASI, yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga mendukung pelestarian lingkungan dan budaya," kata perwakilan PT Pegadaian.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan IKM, UMKM, pengrajin tenun, serta komunitas lingkungan, Dengan adanya program ini, diharapkan dapat tercipta kerja sama yang kuat antara pemerintah, swasta dalam hal ini adalah PT Pegadaian, dan masyarakat dalam membangun Kota Bima yang lebih maju.