PJ Wali Kota Bima Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tingkat Kota Bima Tahun 2024

Kota Bima, 28 Oktober 2024.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96, PJ Wali Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH, menghadiri upacara yang digelar di Halaman Kantor Walikota Bima pada Senin pagi waktu setempat. Upacara ini dihadiri oleh jajaran pemerintah daerah, PJ Sekda Kota Bima, Inspektur, Staf Ahli, Assisten, seluruh Kepala Perangkat Daerah, seluruh Kabag, Camat serta Lurah se Kota Bima. Tak terkecuali anggota DPRD Kota Bima, TNI, Polri, perwakilan organisasi pemuda yang ada di Kota Bima.

Dalam pidatonya, H. Mukhtar, menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, yakni Bapak Dito Ariotedjo, bahwa lewat moumen yang bersejarah ini, beliau mengajak generasi muda Indonesia untuk selalu meneladani semangat Sumpah Pemuda yang telah menjadi fondasi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

Peristiwa sumpah pemuda Tahun 1928 itu  merupakan peristiwa penting di mana pemuda Indonesia menyatakan tekat dan kehendak yang kuat untuk bersatu, di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Beliau menghimbau agar peristiwa sumpah pemuda ini, senantiasa didengungkan, digaungkan, pada hati dan jiwa pemuda Indonesia, untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia.

"Semangat para pemuda pada 1928 telah membawa perubahan besar bagi bangsa ini. Saat ini, kita berharap pemuda Indonesia bisa menjadi inspirasi dan pelopor kemajuan serta menjaga persatuan di tengah keberagaman," 

Hari Sumpah Pemuda yang Ke-96 ini, mengusung tema "Maju Bersama Indonesia Raya" dengan tema ini, diharapkan generasi muda Indonesia, khususnya Kota Bima, mampu terus mempererat persatuan, menjaga keutuhan NKRI, serta senantiasa dapat memberikan kontribusi positif, dalam mewujudkan kemajuan  pembangunan. 

Upacara memperingati hari Sumpah Pemuda 1928 Kota Bima, dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Bima, yang bertindak sebagai Inspektur upacara adalah PJ Walikota Bima, Bapak Drs. H. Mukhtar, MH, sementara yang bertindak sebagai Komandan upacara adalah Sekretaris Dinas Dikpora Kota Bima, yakni Bapak Humaidin, M. Pd. Upacara yang berlangsung penuh khidmat ini, juga diisi dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945, dan pembacaan kongres pemuda-pemuda Indonesia oleh perwakilan pemuda Kota Bima.

Dipenghujung sambutan, melalui Inspektur Upacara, Kemenpora berharap, kepada pemuda-pemuda Indonesia untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional Indonesia, karena pada hakekatnya pemuda adalah pemilik masa depan, untuk itu sudah seyogyanya pemuda harus lebih tampil di dalam pembangunan ini, baik pembangunan daerah, maupun pembangunan nasional.

Pada kesempatan itu pula Kemenpora, melalui PJ Walikota Bima, selaku Inspektur upacara, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusi positif pada seluruh pemangku kepentingan, yang terus dan telah memberikan pelayanan kepemudaan yang baik, serta memberikan penghargaan atas prestasi kepemimpinan dan kepeloporan pemuda Indonesia dalam berbagai bidang pembangunan.

Upacara memperingati hari Sumpah Pemuda ini, diakhiri dengan doa, dengan harapan bahwa peringatan hari sumpah pemuda kali ini, dapat memberikan hikmah yang baik, untuk masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kota Bima, dan untuk kemajuan pembangunan nasional Indonesia.